Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus,

Dalam rapat moderamen pada tanggal 23 mei 2020 yang lalu, kami telah menimbang dengan seksama dan mengambil keputusan sebagai berikut:

  • Kebaktian GKIN secara online akan tetap berlangsung hingga tanggal 1 september 2020.
  • Mulai tanggal 1 september 2020, setiap regio GKIN akan melangsungkan kembali kebaktian regionalnya seperti semula.

GKIN akan membentuk panitia khusus untuk mempersiapkan protokol dan langkah – langkah yang diperlukan dalam rangka menyiapkan kebaktian regional ini.

Disamping itu:

  • Perayaan Lustrum 35 tahun GKIN yang awalnya di rencanakan tanggal 4 juli 2020 akan di tunda sampai pengumuman lebih lanjut
  • Perayaan natal bersama GKIN pada tanggal 25 desember 2020 akan dilaksanakan secara online.

Keputusan-keputusan dan kebijaksanaan yang diambil di atas ini, didasarkan Peraturan Pemerintah Negeri Belanda sehubungan dengan pandemi Covid-19 dan juga dengan catatan bahwa situasi dalam negeri tetap terkendali.

Hal-hal yang penting dalam keputusan rapat moderamen ini adalah:

  • GKIN adalah sebuah gereja regional dimana jemaat khusus pergi ke gereja di regio terdekat domisili mereka.
  • Keterbatasan pendeta tetap GKIN (selama masa liburan hanya ada 1 orang pendeta yang bertugas), dan juga keterbatasan pendeta-pendeta tamu selama periode masa liburan sekolah di bulan juli dan agustus yang akan datang.
  • Ada banyak hal-hal praktis yang masih harus diurus dan diatur di tiap regio.
  • GKIN hanya mempunyai 2 buah gedung gereja untuk 5 regio.
  • Banyaknya jumlah anggota jemaat yang tergolong kategori berisiko tinggi.

Menimbang dan memikirkan:

Kerinduan jemaat untuk secepatnya kembali lagi beribadah bersama, juga bahwa situasi yang sulit dewasa ini belum akan berubah drastis antara 1 juli dan 1 september yang akan datang (keadaan masih jauh dari “normal“ untuk bisa kembali beribadah seperti biasa)

Dalam pergumulan yang berat ini, kami sepakat untuk mengambil waktu sedikit lebih lama agar persiapan penyelenggaraan kebaktian regional dapat dilakukan lebih matang, dengan alasan sebagai berikut:

  • Tindakan yang diambil haruslah aman untuk kepentingan bersama dan telah dipikirkan secara matang, sebagai contoh: harus jaga jarak aman 1,5 m; belum diijinkan untuk bernyanyi bersama, jemaat yang boleh dan yang tidak boleh hadir dan sebagainya (protokol GKIN dan langkah-langkahnya adalah yang terutama)
  • Penjadwalan pendeta tamu baru akan dimulai 1 september 2020 dikarenakan keterbatasan waktu untuk membuat jadwal dalam waktu dekat. Di samping itu, pemikiran akan keselamatan para pendeta tamu yang harus bepergian dengan menggunakan kendaraan umum perlu di perhatikan.
  • Secara teknis adalah sulit untuk melangsungkan kebaktian online dan kebaktian biasa secara bersamaan dikarenakan keterbatasan tempat dan waktu untuk pemasangan peralatan OLE (di Regio RWDH dan juga regio lain)

Syukur pada Tuhan atas berkat-Nya di tahun 2019 diperoleh hasil finansial yang positif sehingga kita mempunyai cadangan untuk mencukupi masa-masa sulit yang akan datang. Melihat perumpamaan dari Alkitab tentang kisah Yusuf, ada 7 tahun masa kelimpahan dan 7 tahun masa sengsara.

Kita menyadari hal ini tidak mudah, namun diharapkan komitment dan partisipasi jemaat di gereja ini. Hal ini dapat dilakukan dengan tetap mengikuti acara online kami, tetap berdoa bersama, dan tetap saling membantu, dan serta mendukung gereja Tuhan melalui bantuan finansial seperti kolekte, MKO dan persembahan khusus.

Mari tetaplah berpegang teguh dalam firman-Nya dan perintah-Nya, Dia Sang Empunya Gereja, Tuhan, dan Juru Selamat kita. Dan tetap percaya dan beriman bahwa hal ini terjadi atas sepengetahuan-Nya dan semuanya ini hanyalah untuk kemuliaan nama-Nya.

Dalam persekutuan dengan Kristus,

Majelis GKIN